21 BUMN Tandatangani MOU Sinergi Pembentukan Holding Efisiensikan Rantai Pasok

21 BUMN Tandatangani MOU Sinergi Pembentukan Holding Efisiensikan Rantai Pasok
Sebanyak 21 badan usaha milik pemerintah (BUMN) di bawah klaster Danareksa dan Perusahaan Pengelola Aset (PPA) pada'Rabu (10/3) menandatangani nota kesepahaman sinergi pembentukan 'holding' untuk mengefisiensikan rantai pasok sesuai visi Menteri BUMN,

JAKARTA - Sebanyak 21 badan usaha milik pemerintah (BUMN) di bawah klaster Danareksa dan Perusahaan Pengelola Aset (PPA) pada'Rabu (10/3) menandatangani nota kesepahaman sinergi pembentukan 'holding' untuk mengefisiensikan rantai pasok sesuai visi Menteri BUMN, Erick Thohir.

"Saya senang ada kemajuan, bukan hanya pada proses pengindukan, tapi juga sinergi usaha, " kata Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo dalam pesan yang disampaikan melalui Direktur Utama Danareksa Arisudono Soerono, dalam acara penandatanganan nota kesepahaman tersebut.

Danareksa ditunjuk oleh Kementerian BUMN sebagai perusahaan induk untuk membina sejumlah perusahaan milik negara memperbesar aset yang mampu memberikan kontribusi signifikan terhadap keuangan negara.

Pada tahun lalu, Menteri Erick mengeluhkan fakta bahwa 76 persen deviden yang diperoleh negara dari perusahaan plat merah disumbang hanya oleh 10 persen (atau 15) dari total BUMN yang ada.

Erick mensiasati ketimpangan kontribusi BUMN ini dengan strategi restrukturisasi dan klasterisasi yang menghasilkan perampingan profil BUMN di Indonesia dari sekitar 157 perusahaan menjadi 107 pada tahun lalu - - salah satunya adalah penggabungan bank-bank syariah milik negara menjadi Bank Syariah Indonesia.

Secara umum, menggabung BUMN-BUMN dengan sektor dan rantai pasok yang sama dalam 12 klaster. Namun, khusus untuk perusahan-perusahaan plat merah dengan aset yang relatif kecil akan menginduk ke Danareksa.

Berbeda dengan klaster lainnya, BUMN-BUMN yang menginduk ke Danareksa terdiri dari berbagai macam sektor lini usaha seperti infrastruktur (Nindya Karya), pengelolaan air (PJT I dan II), manufaktur, konsultan, dan media (LKBN Antara dan Balai Pustaka).

Pada Senin dan Selasa, semua direktur utama dari 21 BUMN di bawah klaster Danareksa mempresentasikan inisiatif usaha mereka untuk menggali potensi sinergi, yang kemudian diakhiri dengan penandatanganan nota kesepahaman. 

"Selama dua hari ini, banyak sekali potensi sinergi yang terlihat, ada jaringan kerja yang erat antar masing-masing anggota, " kata Direktur Utama Danareksa, Arisudono.

Sementara itu Direktur Utama LKBN Antara, Meidyatama Suryodiningrat, mengatakan bahwa pihaknya siap membantu anggota klaster Danareksa dalam hal strategi komunikasi publik.

"Berbeda dengan klaster lain yang terdiri dari perusahaan-perusahaan raksasa yang sudah sulit berkembang, klaster ini punya keunggulan komparatif karena masih punya potensi yang besar dalam hal komunikasi dan diplomasi publik, " kata Meidyatama.(***)

JAWA BARAT BANDUNG JAKARTA
Nanang Suryana

Nanang Suryana

Previous Article

Korem 061/SK Bersama PMI Kota Bogor Akan...

Next Article

Pemprov Jabar Gandeng Unpad Bangun RS Pendidikan...

Related Posts

Peringkat

Profle

Subhan Riyadi

Siswandi

Siswandi

Postingan Bulan ini: 53

Postingan Tahun ini: 416

Registered: Jan 25, 2021

Yudi Hutriwinata

Yudi Hutriwinata

Postingan Bulan ini: 17

Postingan Tahun ini: 60

Registered: Mar 31, 2021

Bilwadi_wk

Bilwadi_wk

Postingan Bulan ini: 15

Postingan Tahun ini: 137

Registered: Feb 4, 2021

Ibnu S. Mattangaran

Ibnu S. Mattangaran

Postingan Bulan ini: 15

Postingan Tahun ini: 49

Registered: Mar 2, 2021

Profle

Junaidi

PSU Pilkada Labuhanbatu Jilid 2, KPU dan Bawaslu Tidak Profesional Hamburkan Uang Negara Milyaran Rupiah
Kabar Gembira Bagi Warga Luwu Utara, Ada Penghapusan Denda Pajak Kendaraan
Kadis Pendidikan Luwu Utara Klaim Kepemilikan Lahan SDN Pombuntang, Kuasa Hukum Subiati : Itu Sertifikat Hak Pakai !
Tahan Imbang Pemain Muda Pra PORPROV Luwu Utara, Kapten All Star Ungkap Hal Ini

Follow Us

Recommended Posts

Pemkab Majalengka Anggarkan 57 Milyar Lengkapi SARPRA Pariwisata
Pemprov Jabar Luncurkan Portal Jabarjawara.id Solusi Atasi Pencari Kerja dan UMKM
Seni Budaya Lokal Jadi Bagian Penting Identitas Industri Ekraf
Sandiaga Salahuddin Uno Tinjau Kampung Agrinex  Provinsi Banten
Jelang Bulan Suci Ramadhan Danrem 061/Sk Laksanakan Komsos Bersama Komponen  Masyarakat