8 Hal yang Wajib Diperhatikan Sebelum Suntik Vaksit Covit-19

8 Hal yang Wajib Diperhatikan Sebelum Suntik Vaksit Covit-19
Petugas melakukan pemeriksan awal kepada warga lanjut usia (lansia) yang akan menjalani vaksin Covit-19 di Rumah Sakit Bali Mandara, Denpasar,Bali Rabu (24/02/2021).-ANTARA

JAKARTA - Vaksinasi Covid-19 di Indonesia tengah diberikan pada sejumlah kelompok masyarakat. Namun tak perlu khawatir akan efek sampingnya. Selain fisik dan mental, ada beberapa hal yang harus disiapkan. Berikut Bisnis rangkum hal yang harus diperhatikan agar vaksinasi Covid-19 tetap lancar tanpa cemas seperti disampaikan dokter spesialis penyakit dalam dr Adaninggar : 


1. Wajib periksa ke dokter dulu apabila punya penyakit komorbid Penyakit komorbid merupakan penyakit yang muncul bersamaan saat seseorang sedang sakit. Maka dari itu, sebelum vaksin dianjurkan kontrol dan konsultasi ke dokter untuk mengetahui kondisi komorbidnya. Hal tersebut untuk mengetahui apakah tubuh dalam keadaan layak divaksin. 


2.Tidak perlu periksa swab PCR/antigen/antibodi Jika tidak ada gejala yang mengarah ke Covid atau tidak sedang berstatus kontak erat, tidak perlu perika swab PCR/antigen/antibodi Covid sebelum divaksin. Namun, bila mengalami sakit akut , baik gejala akut Covid atau bukan, vaksinnya lebih baik ditunda sampai sakitnya sembuh. 


3. Tidak Ada Pantangan Makanan Tidak ada larangan mengkonsumsi makanan tertentu sebelum divaksin. Namun, beberapa pendapat ahli yang menyarankan untuk menghindari minum kopi sebelum divaksin supaya tekanan darah tidak naik saat akan divaksin. Yang paling penting ialah tidur malam yang cukup untuk mempersiapkan mental saat akan divaksin. 


4. Penyintas Covid-19 Membutuhkan Vaksinasi Bila penyintas yang tidak diketahui sebelumnya dan tidak sengaja divaksin, tidak masalah malah akan bisa membooster produksi antibodi. Beberapa laporan penelitian vaksin Covid, tidak sengaja melibatkan relawan penyintas dan tidak ditemukan efek samping yang berbahaya. Bukti terjadinya efek seperti ADE (Antibody dependent enhancement) juga belum pernah ditemukan pada vaksin Covid yang diteliti. 


5. Diperbolehkan Langsung Beraktivitas Bila tidak ada gejala efek samping yang mengganggu, diperbolehkan untuk langsung beraktivitas seperti biasa. Ibu-ibu yang menyusui anaknya juga boleh langsung menyusui, tidak perlu ada jeda antara vaksin dan kegiatan menyusui. 


6. Konsisten Protokol Kesehatan Tetap pakai masker, jaga jarak, cuci tangan, hindari kerumunan, batasi mobilitas dimanapun dan kapanpun meskipun sudah divaksin. Kemudian, jaga kesehatan imun dengan pola hidup sehat yaitu makan makanan bergizi. Bila paparan dan jumlah virus di lingkungan masih banyak, tetap bisa terinfeksi lagi dan tetap bisa menulari orang lain. 


7. Hanya Penyitas Covid-19 Yang Boleh Donor Plasma Konvalesen Persyaratan utama donor plasma konvalesen adalah harus penyintas Covid-19, antibodi pada penyintas apalagi yang gejala sedang-berat diharapkan kadar dan potensi antibodinya lebih tinggi. Ada kadar minimal antibodi yang menjadi syarat donor. 


8.Bagaimana bila terinfeksi Covid setelah divaksin? Bila terjadi setelah suntikan pertama vaksin, fokus penyembuhan dulu dan tunda suntikan vaksin kedua. Antibodi baru terbentuk optimal kira-kira 2-4 minggu setelah suntikan vaksin kedua. Setelah terbentuk antibodi yang optimal pun, bila masih sedikit populasi yang divaksin (belum terbentuk herd immunity), risiko tertular dan menulari masih sama dan bisa terjadi.

(Imbris Ghandi)

Bogor
Imbris ghandi

Imbris ghandi

Previous Article

Panitia Akan Kembalikan Uang 630.000 Tiket...

Next Article

Tuntut Keadilan Ratusan Pendukung HRS Lakukan...

Related Posts

Peringkat

Profle

Subhan Riyadi

Siswandi

Siswandi

Postingan Bulan ini: 55

Postingan Tahun ini: 418

Registered: Jan 25, 2021

Yudi Hutriwinata

Yudi Hutriwinata

Postingan Bulan ini: 17

Postingan Tahun ini: 60

Registered: Mar 31, 2021

Bilwadi_wk

Bilwadi_wk

Postingan Bulan ini: 15

Postingan Tahun ini: 137

Registered: Feb 4, 2021

Ibnu S. Mattangaran

Ibnu S. Mattangaran

Postingan Bulan ini: 15

Postingan Tahun ini: 49

Registered: Mar 2, 2021

Profle

Junaidi

PSU Pilkada Labuhanbatu Jilid 2, KPU dan Bawaslu Tidak Profesional Hamburkan Uang Negara Milyaran Rupiah
Kabar Gembira Bagi Warga Luwu Utara, Ada Penghapusan Denda Pajak Kendaraan
Kadis Pendidikan Luwu Utara Klaim Kepemilikan Lahan SDN Pombuntang, Kuasa Hukum Subiati : Itu Sertifikat Hak Pakai !
Tahan Imbang Pemain Muda Pra PORPROV Luwu Utara, Kapten All Star Ungkap Hal Ini

Follow Us

Recommended Posts

Pemkab Majalengka Anggarkan 57 Milyar Lengkapi SARPRA Pariwisata
Pemprov Jabar Luncurkan Portal Jabarjawara.id Solusi Atasi Pencari Kerja dan UMKM
Seni Budaya Lokal Jadi Bagian Penting Identitas Industri Ekraf
Sandiaga Salahuddin Uno Tinjau Kampung Agrinex  Provinsi Banten
Jelang Bulan Suci Ramadhan Danrem 061/Sk Laksanakan Komsos Bersama Komponen  Masyarakat